Jumat, Maret 28

Jenis Virus Komputer dan Cara Mencegahnya



Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

kehadiran sebuah virus pada komputer kita memang sangat mengganggu kinerja/proses kerja komputer,virus tersebut mempunyai bidang dan cara kerjanya masing masing. berikut ini berbagai macam dan jenis virus komputer dan cara mengatasinya.

Jenis Virus Komputer


saya mencoba menguraikan tentang jenis jenis virus komputer yang sering kita jumpai, dari yang tidak berbahaya sampai yang paling berbahaya. Simak penjelasannya pada artikel di bawah ini.

Virus Compiler, virus yang sudah di compile sehingga dapat dieksekusi langsung. Ini adalah virus yang pertama kali muncul di dunia komputer, dan mengalami perkembangan pesat sekarang. Virs pertama ini sangatlah sulit dibasmi karena dibuat dengan bahasa rendah, assembler. Memang bahasa ini cocok untuk membuat virus namun sangatlah susah menggunakannya. Keunggulan dari virus ini adalah mampu melakukan hampir seluruh manipulasi yang mana hal ini tidak selalu dapat dilakukan oleh virus jenis lain karena lebih terbatas. baca selengkapnya>>

Jenis Virus VBScript

Serangan virus jenis VBScript masih sangat tinggi, ini terbukti dari banyaknya laporan yang mengeluhkan perihal virus jenis script ini. Satu virus yang melesat tinggi ke urutan pertama adalah Discusx.vbs. Bila Anda masih ingat dengan virus ini, di Virus Top-10 edisi Maret 2008 yang lalu, virus Discusx.vbs berada di urutan 5, namun kali ini dia melesat naik ke urutan pertama. baca selengkapnya>>


Macam-Macam Virus Komputer



Berikut ini sepuluh virus-virus yang umum dan secara potensial menyebabkan kerusakan. Virus-virus baru diciptakan setiap hari di Internet . Artinya banyak virus yang tidak termasuk di dalam daftar ini. Hal terbaikyang dapat kita lakukan adalah selalu waspada, selalu meng-update anti virus, dan selalu perhatikan komputer anda apakah sedang terkena virus atau tidak.


Berikut contoh Macam-Macam Virus Komputer yang sering di jumpai:

ANTIVIRUS

Komputer yang terkena virus harus segera di tangani jangan sampai di diamkan berlarut larut sebab virus tersebut akan berkembang biak dan akan sangat sulit untuk di hilangkan. berikut cara menghilangkan virus dan antisipasinya.

Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).

Antivirus - antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware - malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke inbox pengguna.

Antivirus berdasarkan penggunanya dibagi menjadi 2, yaitu Home User dan Network /Corporate User. Untuk home user, antivirus berjalan seperti biasa. Untuk versi jaringan (network), antivirus dapat melakukan scan di komputer - komputer client dan network drive. Selain itu, proses update komputer client dalam jaringan tidak harus langsung dari Internet. Komputer client dapat melakukan update langsung dari server jaringan.


Antivirus berdasarkan cara memperolehnya


Free antivirus : anti virus yang diperoleh secara gratis


Trial antivirus : Anti virus yang diperoleh secara gratis namun diberi batasan waktu


Donation antivirus : Anti virus yang diperoleh dengan harus mendonasi


Paid antivirus : antivirus yang diperoleh dengan cara membeli



Produsen Anti virus

  • Artav
  • Avast!
  • AVG Anti-Virus
  • Avira
  • BitDefender
  • EScan Corporate Security
  • Kaspersky Anti-Virus
  • Norton 360
  • PCMedia AntiVirus
  • Smadav
  • Trend Micro dll

Antivirus yang kita peroleh dengan berdonasi atau paid dengan membelinya jauh lebih unggul dalam mendeteksi berbagai jenis virus di bandingkan dengan yang kita peroleh secara free/trial.


Tips :

Ada tips yang sangat ampuh untuk menghapus/membersihkan virus, jika berbagai Anti Virus yang anda gunakan sama sekali tidak berdaya melawannya. Berikut tipsnya untuk mengatasi masalah diatas  baca selengkapnya>>

1 komentar:


EmoticonEmoticon