Senin, Juli 28

Ilmu Komputer - Memilih Platform Blogger Atau WordPress

Ilmu komputer - Dalam memilih sebuah platform bloger atau wordpres memang sedikit membuat kita bingung mana yang cocok dan bagus di mata serch engine, berikut panduan dalam menentukan plaform mana yang cocok untuk di gunakan. Artikel ini di buat berdasarkan pengalaman dan sumber informasi yang tersebar di internet.
Bagi pemula mengetahui dunia blog merupakan bagian penting dari ilmu komputer, Kedua platform blog yang paling banyak digunakan di Indonesia seperti Blogger dan WordPress. Kedua platform ini sudah banyak dikenal bagi pengguna internet.
Berikut ini ulasan tentang ilmu komputer dalam membuat blog Blogger, WordPress.com dan WordPress.org (self-Hosted) beserta kekurangan dan kelebihan masing-masing sehingga Anda bisa menyimpulkan mana yang terbaik untuk Anda pakai.

Memilih Platform


1. Blogger

Blogger atau sering juga disebut Blogspot merupakan platform blogging gratis milik Google. Sehingga untuk bisa membuat blog di Blogger, Anda harus memiliki akun Google (email).

Kelebihan:

Gratis, dengan space hosting yang besar, sampai lima gigabyte.
Pemilik blog dibebaskan untuk memonetisasi blog (memasang iklan, afiliasi, dan sebagainya), dengan hasil 100% untuk pemilik blog.

Banyak support atau blog lain (khusunya dari Indonesia) yang menyediakan bantuan yang diperlukan, misalnya: mempercantik blog, mengganti template (tampilan), memasang widget, dan lainnya.

Relatif memiliki tingkat keamanan yang baik dari hacker dan virus, karena terlindung oleh tim keamanan Google.

Masih menjadi perdebatan: Karena Blogger milik Google, maka akan relative lebih mudah masuk dalam daftar pencarian di search engine.

Kekurangan:

Karena blog Anda bukan milik Anda sepenuhnya, alias menumpang pada Google, maka sang pemilik memiliki hak sepenuhnya untuk mengambil miliknya (menghapus blog Anda) ketika melanggar peraturan.

Rawan “rusak”, artinya bagi blogger pemula yang masih asing dengan bahasa pemrograman semisal HTML dan CSS akan kesulitan dalam melakukan pengeditan kode-kode untuk merubah tampilan blog dan sebagainya. Sedikit saja salah, blog Anda akan “rusak”.

Terkesan tidak professional, karena statusnya masih “menumpang” pada subdomain blogspot. Terlebih jika ingin menjadikan blog Anda sebagai sarana bisnis online, kepercayaan calon pelanggan akan berkurang.

2. WordPress.com

WordPress.com merupakan “wadah” bagi Anda yang ingin nge-blog tetapi ingin yang “gratisan”. Sama dengan Blogger, status kita jika membuat blog di WordPress adalah penumpang.

Kelebihan:

Tidak perlu mahir bahasa pemrograman jika ingin merubah tampilan blog menjadi lebih personal. Karena WordPress menyediakan banyak plugin yang hanya perlu kita pasang dan aktifkan ketika kita ingin merubah tampilan huruf, memasang widget, merubah warna blog, dan sebagainya.
Space hosting juga cukup besar yang diberikan secara gratis.
Banyak support untuk memaksimalkan tampilan dan fungsi blog.

Kekurangan:

Pemilik tidak berhak memasang iklan dalam bentuk apapun karena melanggar peraturan. Iklan hanya berhak dipasang oleh WordPress.com.

Bahasa pemrograman sedikit sulit dipahami bagi pemula jika ingin melakukan edit tanpa plugin.
Relatif kurang aman dari hacker.
Sama dengan platform blog gratis lain, terkesan kurang professional dan blog bisa kapan saja ditutup (dihapus) oleh si pemilik tanpa pemberitahuan.

3. WordPress.org

Berbeda dengan dua platform gratis sebelumnya, WordPress.org merupakan CMS (Content Management System) yang mana Anda perlu membeli hosting dan domain sendiri untuk menggunakannya. Intinya, WordPress.org hanya mesin pembuat website/blog bagi yang ingin membuat website tanpa ingin repot belajar kode-kode pemrograman.

Artikel terkait: Apa itu Hosting dan Domain?

Kelebihan:

Blog sepenuhnya milik Anda, sehingga aman dari penghapusan secara sepihak.
Anda bebas memasang iklan.
Terlihat lebih professional.
Tersedia banyak support dari dalam dan luar negeri.
Relatif aman dari virus dan hacker (tergantung keamanan penyedia jasa hosting).

Kekurangan:

Berbayar, perlu diperpanjang tiap tahun (tergantung kontrak) sehingga ketika jatuh tempo kita tidak memperpanjang maka blog kita akan dihapus.

Dari penjelasan ilmu komputer di atas sudah dapat kita lihat masing-masing kelebihan dan kekurangan Blogger dan WordPress. Bagi pemula memang blog gratis yang pertama menjadi dominan dalam memperdalam ilmu komputer tentang ngeblog.


Jika ada Kritik dan saran tentang artikel ilmu komputer dalam memilih plaform diatas mohon bisa dituliskan pada komentar dengan sopan dan baik.


EmoticonEmoticon